Mengenal Mode Kamera DSLR

Mode Kamera DSLR

Mengenal Mode kamera DSLR

Hal dasar yang penting untuk diketahui oleh pengguna DSLR adalah mempelajari Mode Kamera. Hal ini dilakukan agar dapat menghasilkan foto seperti yang diinginkan. Setting Mode dari kamera terdapat pada kamera DSLR maupun Pocket.

Auto Mode < Gambar Kotak Hijau >
Mode ini adalah menyerahkan semua pengaturan pada kamera. Fotografer tinggal pencet tombol pelepas rana untuk memfoto sebuah obyek.

Sport Mode < Gambar Orang Berlari >
Mode ini banyak dipakai untuk memotret obyek yang bergerak cepat. Mode ini bekerja baik jika cahaya yang ada cukup.

Portrait Mode < Gambar Kepala Orang >
Mode kamera ini memiliki pengaturan diafragma/bukaan/aperture besar. Mode ini membuat background menjadi blur dan menghasilkan warna kulit lebih natural, maka cocok untuk pemotretan portrait atau wajah.

Night Portrait < Gambar Bintang >
Mode ini untuk memotret dimalam hari dan biasanya kecepatan rana rendah. Flash akan membuka secara otomatis ketika akan memotret dan karena kecepatan rana rendah maka rentan akan goyangan.

Landscape Mode < Gambar Gunung >
Mode ini sering digunakan untuk memotret landscape, karena kamera akan mengatur bukaan yang sempit yang artinya ruang tajam yang dihasilkan akan luas sehingga menghasilkan foto dengan fokus yang merata.

Macro Mode < Gambar Kembang Tulip >
Mode ini biasa digunakan untuk memotret subyek yang kecil dari  jarak dekat, seperti bunga dan serangga, dll.

Candlelight < Gambar Flash Dicoret >
Mode ini menonaktifkan flash dan biasa dipakai untuk memfoto suyek dalam keadaan cahaya yang kuat di luar ruangan sehingga didapatkan cahaya yang natural.

P < Program Mode >
Mode ini hampir sama dengan auto mode, yang membedakan adalah kamera bisa memilih sendiri shutter, aperture. Sedangkan  sensor pada lensa dan kamera mengukur cahaya secara otomatis.

TV < Shutter Priority Mode >
Pada mode ini, penggunaan pencahayaan secara otomatis dengan mengutamakan shutter priority, sementara diafragma akan mengikuti pengaturan  kecepatan yang dilakukan secara manual. Mode ini sering digunakan untuk memotret subyek teknik freezing atau membekukan gerakan subyek.

AV <Aperture Priority Mode >
Kebalikan dengan TV, AV merupakan pencahayaan otomatis dengan prioritas bukaan/aperture. Pada mode ini, shutter akan bekerja secara otomatis setelah diafragma dilakukan secara manual. Mode ini biasa dipakai untuk pemotretan landscape atau memblurkan latar belakang.

M < Manual Mode >
Mode ini adalah ciri khas dari kebanyakan kamera DLSR. Pada mode ini, semua pengaturan dilakukan secara manual oleh fotografer  sendiri, baik shutter, diafragma maupun ISO.
Langkah awal ini adalah hal yang minimal harus kita pelajari  teknik dasar fotografi. Dan setelah kita mempelajari setting mode pada kamera digital, kita akan lanjut pada pembahasan tentang beberapa teknik memotret dengan DSLR.

Salam, talentakita.