Mengenal Macam-Macam Lensa Kamera Digital

Lensa merupakan komponen penting dari kamera, dan bisa dikatakan bahwa lensa adalah mata kamera, karena alat ini adalah media penyaring sebelum masuk ke dalam kamera. Karena itu, kiranya wajib juga deh kita tahu hal-hal yang berhubungan dengan lensa, yaitu :
  • Angle of view ( sudut pandang ) yaitu kemampuan untuk memotret luas atau sempitnya subyek.
  • Focal Length yaitu jarak titik bakar lensa dengan sensor. Makin besar Focal Length, makin besar kemampuan lensa untuk memperbesar gambar.
Beberapa jenis lensa berdasarkan sudut pandangnya.
  • Lensa Wide/Wide Angle atau lensa sudut lebar. Lensa ini punya sudut pandang lebih dari 46 derajat, sehingga akan mendapatkan cakupan yang luas. Digunakan untuk memotret landscape/panorama, interior, group, dll. Contoh, lensa 18mm, 24 mm dll.
  • Lensa Normal/lensa standar, dikatakan lensa standar karena lensa ini adalah lensa paling jujur, karena mendekati sudut pandang mata manusia. Contoh : lensa 50mm.
  • Lensa Tele/Tele Lens, lensa ini memiliki sudut pandang lebih sempit dari lensa normal. Lensa ini digunakan untuk memperbesar subyek, dan sering dipakai untuk mengisolasi subyek sehingga subyeknya tampak lebih menonjol. Dan jika lensa tersebut punya diafragma (f) besar dapat digunakan untuk mengaburkan latar belakang subyek. Contoh lensa 300mm, 400mm, dll.
  • Lensa Vario/ Lensa Zoom, dikatakan lensa zoom atau vario, karena digunakan untuk memotret dengan sudut pandang bervariasi, baik wide maupun tele. Contoh lensa ini adalah 70-200 mm, artinya adalah sudut paling lebar 70 dan paling dekat 200mm.
Ok, bro, ini tadi sedikit tentang lensa yang digunakan pada kamera digital.
Salam, talentakita.