Mengenal Sumber Tenaga Kamera Digital

Sumber tenaga atau sering disebut baterai merupakan sumber utama yang sesuai dengan mobilitas pemotretan. Dalam kamera digital, kita mengenal ada beberapa jenis baterei sebagai sumber tenaga kamera.
  1. NiCd ( Baterai Nickel Cadmium ), baterei ini memiliki kemampuan isi ulang hampir 700 kali dan mungkin lebih. Kelemahan dari baterei jenis ini adalah adanya pengurangan kapasitas/memory effect, jika sudah diisi ulang saat masih ada isinya. Untuk meminimalkannya adalah pengisian dalam keadaan benar-benar kosong.
    baterai NiCd
  2. NiMH ( Baterai Nickel Metal ) adalah baterai yang paling banyak dipakai pada kamera digital. Tetapi baterai ini memiliki kelemahan yaitu hanya memiliki siklus pengisian sebanyak 400 kali dan akan kehilangan sekitar 5% perhari sekalipun tidak dipakai. Kelebihannya tidak ada memory effect.
    baterai NiMH
  3. Li-ion ( Baterai Lithium Ion ) hampir sama dengan NiMH tetapi memiliki kapasitas hampir dua kali lipat dari NiMH dan bisa diisi sebanyak 400 kali tanpa mengurangi isi jika tidak digunakan.
    baterai LiOn
3 macam baterai tersebut yang sering digunakan dalam kamera digital. Tetapi tentunya masih banyak macam baterai yang dipakai.